Kamis, 24 Mei 2012

KITAB'Q

KITAB AL-QUR’AN YANG AJAIB

Oleh : Fadhil ZA
1-    Alif Laam Miim
2-    Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang  bertakwa,
3- (yaitu) mereka yang  beriman kepada  yang gaib, yang mendirikan  salat dan menafkahkan sebahagian  rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka,
4- dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur’an) yang telah diturunkan kepadamu dan  Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka  yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.
5- Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah  orang-orang yang beruntung.

Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi umat Islam, tidak ada keraguan padanya dan merupakan petunjuk bagi orang yang bertakwa. Namun sayang sekali dalam kenyataan sehari hari sedikit sekali umat Islam yang rajin membaca, mempelajari dan berusaha memahami Al-Qur’an secara rutin setiap hari. Sebagian umat Islam lebih mengutamakan pemikiran dan pendapat Ulama, atau ahli fikir yang mereka kagumi. Ketika para Ulama dan ahli pikir yang mereka kagumi mengeluarkan pendapat yang saling betentangan, terjadilah perpecahan dikalangan pengagum dan pengikutnya.
Membaca dan mempelajari Al-Qur’an adalah kewajiban dan hak setiap umat Islam, yang sudah baligh dan berakal. Zaman dahulu ketika ilmu masih banyak tersembunyi, yang mempelajari dan menguasai Al-Qur’an hanya sekelompok orang tertentu yang disebut kiyai, ulama atau ajengan. Orang awam seolah olah tabu membaca, mengkaji dan berpendapat tentang ayat Qur’an. Orang awam hanya sekedar mengikuti pendapat, guru,kiyai atau ajengan, yang kadang kadang berbeda pendapat satu dengan lainnya. Perbedaan pendapat diantara para guru, kiyai dan ajengan menimbulkan pertentangan diantara para pengikutnya masing masing, yang kadangkala diakhiri dengan pertumpahan darah.
Sekarang di-era kemajuan teknologi dan informasi ini, ilmu pengetahuan terbuka lebar, Al-Qur’an sudah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa. Kitab tafsir dari berbagai ulama dan pemikir Islam bisa kita dapat dengan mudah. Informasi tentang pengetahuan al-Qur’an juga bisa kita dapat dengan mudah di dunia internet. Sepatutnyalah jika setiap muslim berusaha memahami Qur’an dengan membaca langsung dari kitab al-Qur’an, tidak perlu kuatir dengan kendala bahasa, karena al Qur’an telah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa didunia.

Sarana bantu untuk mempelajari dan memahami al-Qur’an
Kendala utama untuk memahami Al-Qur’an adalah masalah bahasa, namun kendala tersebut sudah bisa diatasi dengan adanya Qur’an yang sudah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa.Selanjutnya untuk memahami Qur’an kita harus melengkapi diri dengan pengetahuan tentang :
   1. Sejarah kehidupan para Nabi dan Rasul sejak nabi Adam sampai dengan nabi terakhir yaitu nabi Muhammad SAW.
2. Pengetahuan tentang berbagai kisah dalam Qur’an seperti kisah ashabul Kahfi, ashabul Ughdud, kisah malaikat Harut-Marut, kisah Uzair, Khidir, Negeri Saba’, Kaum Aad, Tsamud, Aikah, kaum Luth, Fir’aun dan lain lain.
3. Pengetahuan tentang asbabun nuzul ayat Qur’an
4. Sejarah kehidupan Rasulullah serta perjuangannya sejak lahir sampai wafatnya.
5. Berbagai pengetahuan alam dan teknologi yang mendukung kebenaran ayat Qur’an , misalnya seperti pada buku-buku karya Harun Yahya
6. Kitab tafsir dari ulama terdahulu seperti Ibnu Katsir, Jalalain,Al Mannar, Al Maroghi, Tafsir Qur’an dari Buya Hamka, dan lain sebagainya
Insya Allah dengan 6 butir alat bantu tersebut diatas, setiap umat Islam akan dapat mempelajari dan memahami al-Qur’an dengan mudah. Orang yang bersungguh sungguh mempelajari Qur’an untuk dijadikan pedoman hidup, Allah pasti akan memimpin dan menunjukinya sebagaimana janji Allah dalam surat Al Ankabut 69:

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan Kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.(Al-Ankabut 69

Tidak ada komentar:

Posting Komentar